PAKET 1
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA
1.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan
gagasan utama paragraf tersebut
SOAL :
Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan
sebanyak 400 ribu pengunjung hadir menjelang Tahun Baru 2009. Perkiraan ini
dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu.
Sebagai daya tarik pengunjung, pengelola
menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema "Pesta Rakyat",
di antaranya pesta kembang api.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah ...
A. pesta kembang api di TMII
B. membludaknya pengunjung TMII
C. perkiraan jumlah pengunjung TMII
D. daya tarik
pengelola TMII
KUNCI JAWABAN: C
PEMBAHASAN :
Gagasan
utama atau gagasan
pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.Kalimat
tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya. Biasanya terdapat pada awal atau akhir pargraf
Kata kunci:
pangelola TMII memperkirakan sebanyak 400 ribu pengunjung hadir …. (perkiraan
jumlah pengunjung). Kata yang merujuknya: .. perkiraan
ini (kalimat kedua); …. pengelola …. (kalimat ketiga)
2. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan
kalimat utama utama paragraf tersebut
SOAL :
(1)
Perayaan Tahun Baru
yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu di
antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. (3) Kerusakan
taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. (4)
Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat
terinjak-injak ribuan pengunjung.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A.
(1) C. (3)
B.
(2) D. (4)
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum
dan didukung kalimat penjelas. Dalam
paragraph, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.
Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata
kunci: Perayaan … meninggalkan sejumlah persoalan (kalimat pertama). Didukung
kalimat penjelas yang ditandai kata “... persoalan ini, … rusaknya sejumlah
taman (kalimat kedua), … taman ini … (kalimat ketiga), … tanaman hias … tersebut ... (kalimat
keempat),.
3. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan kritik terhadap isi bacaan
Indikator Soal :
Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas satu paragraf, siswa dapat menentukan
kririkan terhadap isi bacaan tersebut
SOAL :
Pemerintah ingin tetap konsekuen menyesuaikan harga bahan
bakar minyak (BBM). Bila harga BBM di tingkat internasional menurun, pemerintah
baru akan mengambil kebijakan menurunkan harga BBM bersubsidi di dalam negeri
sesuai tingkat yang wajar. Langkah ini ditempuh untuk meringankan beban
masyarakat.
Kritik terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
A. Sudah kewajiban pemerintah untuk menurunkan harga.
B. Pemerintah harus konsekuen menurunkan harga.
C. Pemerintah tak perlu menunggu untuk menurunkan harga.
D. Sudah sewajarnya pemerintah menurunkan harga.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Kritikan berupa perbaikan (koreksi) terhadap
perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “bila harga BBM …
menurun, pemerintah … akan … menurunkan
harga BBM “ (kalimat kedua)
4. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan isi
kedua teks berita tersebut
SOAL :
Cermati
kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
|
Teks Berita 2
|
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta
pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan
diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di
jalur Puncak.
|
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang
menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna
kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.
|
Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A.
Pengguna kendaraan
diminta tidak melewati jalur Puncak.
B.
Rencana
pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C.
Pengalihan tujuan
pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D.
Padatnya pengguna
kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi
berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa,
bagaimana).
Teks 1: tidak melalui jalur puncak (apa, kalimat
pertama); teks 2: tidak melalui jalur Puncak (apa, kalimat pertama)
5. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator Soal
: Disajikan kutipan
berita, siswa dapat menentukan isi
berita tersebut
SOAL :
Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah
lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak.
Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super
berakhir. Meskipun demikian, manajemen
SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.
Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah
...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan
SFC.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Isi berita berpedoman pada pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk: ... akan dikontrak (kalimat ketiga).
6. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal :
Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan perbedaan penyajian
ktutipan tersebut
SOAL :
Cermati
kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
|
Teks Berita 2
|
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari
Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul
13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur
menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah
disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
|
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah
menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan
para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan
sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu
lintas satu jalur.
|
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Teks 1 diawali dengan pokok berita siapa (Kapolres),
sedangkan berita II diawali dengan pokok berita mengapa (guna menghidari...)
7. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat pada
paragraf tersebut
SOAL :
(1) Udara di Bogor terasa dingin.
(2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu
udara di Bogor mencapai 24ºC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di
jalan-jalan besar di kota Bogor.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan
nomor ....
- (1) dan (2) C. (2) dan (3)
- (1) dan (3) D. (2) dan (4)
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kalimat
pendapat merupakan kalimat berisi pendapat dan bersifat subjektif yang memiliki lebih dari
satu kemungkinan kebenaran sesuai data pada teks.
Kata kunci: … ”terasa” (kalimat 1) dan ”melebihi ... sebelumnya” (kalimat .2)
8. Kemampuan yang Diuji :
Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal :
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut
SOAL :
. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan
oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas
lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan
dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika
sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk
lemon dan madu.
Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.
Penyakit tenggorokan
disebabkan kebanyakan oleh virus.
B.
Tanda-tanda
penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C.
Usaha meringankan
rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D.
Sakit tenggorokan
dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat
pada isi teks bacaan. Isi teks: penyebab sakit tenggorokan (kalimat 1); sakit
tenggorokan dapat pulih sendiri (kalimat 3); Namun ... persaan air jeruk lemon
dan madu ... dijadikan obat sakit tenggorokan (kalimat 4). Pendapat akhir:
Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan .... (sesuai data pada kalimat 1, 3,
dan 4)
9. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
Disajikan sebuah tajuk, siswa dapat
-
menentukan
gagasan
utama tajuk tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan tajuk berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
Pemerintah
kembali menurunkan bahan bakar minyak (BBM) terutama jenis premium. Bersamaan
dengan penurunan harga premium untuk kedua kalinya, harga bahan bakar jenis
solar pun diturunkan. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya
kebijakan penurunan BBM.
Kalangan
industri mestinya sudah bisa menghitung
kembali biaya produksi yang berujung pada penurunan harga. Apalagi, harga bahan
bakar industri pun mengalami hal yang sama.
Dengan
turunnya harga premium dan solar, diharapkan harga kebutuhan pokok ikut turun.
Dengan demikian, daya beli publik terangkat, diikuti peningkatan konsumsi yang
mendorong peningkatan produksi. Hal itu mampu memperkecil peluang terjadinya
pemutusan hubungan kerja (PHK).
Gagasan utama tajuk tersebut adalah ...
A.
penurunan harga BBM
hendaknya diikuti harga kebutuhan pokok
B.
penurunan harga
premium diikuti solar dan pertamax
C.
kebutuhan pokok
tergantung jenis BBM yang digunakan
D.
turunnya BBM
meningkatkan produksi dalam negeri
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Gagasan
pokok tajuk merupakan ide (pendapat) penulis tentang fenomena hangat. Fenomena
pada teks: penurunan harga premium dan solar; ide (pendapat) penulis: harga
bahan pokok mestinya turun juga (paragraf terakhir kalimat pertama).
10. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal :
- menentukan kalimat fakta pada tajuk tersebut
SOAL :
Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ...
A.
paragraf I kalimat
II
B.
paragraf II kalimat
I
C.
paragraf III kalimat
I
D.
paragraf III
kalimat III
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan. Fakta
biasanya ditandai oleh hadirnya data berupa angka.
Fakta: harga premium dan solar diturunkan .
11. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal -
menentukan keberpihakan penulis pada tajuk tersebut
SOAL :
Penulis pada kutipan tajuk tersebut kepada ....
A.
pemerintah C. produsen
B.
pengusaha D. pekerja
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Berpihak
artinya mengikut/memilih salah satu pihak.
Kebrpihakan
(berpihak) tergambar pada kalimat terakhir paragraf ketiga.
12. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi tajuk
Indikator Soal -
menentukan simpulan isi tajuk tersebtut
SOAL :
Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...
- Biaya produksi yang menurun tidak diikuti harga solar.
- Penurunan harga premium diikuti harga kebutuhan.
- Harga minyak dunia yang turun tidak diikuti pemerintah.
- Konsekuensi penurunan harga BBM mampu memperkecil PHK.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Simpulan tajuk merupakan pendapat akhir terhadap data
baik fakta maupun opini pada tajuk.
Data: penurunan harga bahan bakar dua kali; kalangan
industri mestinya menurunkan harga jual; diharapkan daya beli publik meningkat;
berpeluang memperkecil PHK. Pendapat akhir: penurunan harga BBM dapat
memperkecil PHK (tidak bertentangan dengan data).
13. Kemampuan yang Diuji :
Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
Indikator Soal :
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :
Grafik Penjualan Tiket dan Jumlah Pengunjung di Goa Akbar

Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
- Beberapa pengunjung Goa Akbar tidak membeli tiket masuk.
Pengunjung Goa Akbar paling banyak pada bulan Desember.
- Jumlah rata-rata pengunjung lebih banyak daripada tiket terjual.
- Antara penjualan tiket dan jumlah pengunjung pada bulan September sama.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Simpulan grafik diperoleh dengan mencermati data pada grafik kemudian diberi pendapat . Data pada grafik
tersebut: jumlah pengunjung pada September: 250; Okt: 250; Nov: 251; Des: 302;
tiket terjual: pada September: 250; Okt: 250; Nov: 2002; Des: 255. Rata-rata
pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan tiket terjual.
14. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal :
Disajikan grafik, siswa dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut
SOAL :
Cermati
tabel berikut!
Luas Lahan Tanaman
dan Produksi Perkebunan Tahun 2006
Kabupaten
|
Karet
|
Kelapa Sawit
|
||
Luas
(ha)
|
Produksi
(ton)
|
Luas
(ha)
|
Produksi
(ton)
|
|
Sambas
|
-
|
-
|
7.819
|
6.623
|
Landak
|
3.230
|
765
|
11.924
|
30.243
|
Pontianak
|
-
|
-
|
12.467
|
4.285
|
Kapuas Hulu
|
1.252
|
165
|
5.176
|
680
|
Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut
adalah ...
- Bagaimana tiap kabupaten menaikkan produksi perkebunan?
- Berapa luas lahan kelapa sawit di Kabupaten Sambas?
- Berapa ton karet yang dijual tiap tahun?
- Mengapa Kabupaten Pontianak tidak memiliki lahan karet?
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN : Jawaban
pertanyaan b adalah 7.819 ha.
15. Kemampuan yang Diuji : Pernyataan
sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah diagram, siswa dapat
menentukan pernyataan yang metupakan isi diagram tersebut
SOAL :
Cermati diagram berikut!
Objek
wisata yang menjadi favorit wisatawan
![]() |

- Jumlah wisatawan yang suka ke kota 15%.
- Jumlah wisatawan suka objek pantai 35%.
- Jumlah wisatawan suka objek danau 25%.
- Jumlah wisatawan suka pegunungan 45%.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Sesuai
dengan data: jumlah wisatawan yang
menyukai objek pantai sebanyak 35 %.
16. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan
puisi, siswa dapat
- menentukan tema puisi tersebut
SOAL :
Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 16 dan 17!
...
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
...
Tema
puisi tersebut adalah ...
- Persahabatan C. Kelelahan
- Perdamaian D. Kepercayaan
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Kata
yang dirujuk: sahabat (sapaan positif)
…. Kita (penyapa dan yang disapa)
…. tebarkan arah (tindakan persahabatan) … untuk sahabat (penegasan
persahabatan).
17. Kemampuan yang Diuji : Menentukan unsur
intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan kutipan puisi, siswa
dapat
- menentukan suasana yang tergambar pada puisi
tersebut
SOAL :
Suasana yang
tergambar pada puisi tersebut adalah ...
A.
semangat C. tegang
B.
sunyi D. gembira
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Kata
yang dirujuk: tebarkan arah … jangan lelah.
18. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen,
siswa dapat
- menentukan bukti latar tempat pada kutipan
cerpen tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan cerpen berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d. 20!
Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya,
"Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana
itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric,
sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (1)
"Tolong katakan, di mana ia sekarang?
Saya janji menyayanginya dan tidak akan
meninggalkannya lagi!” (2)
Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar
keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric
telah meninggal dunia. Jasadnya
ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (3)
”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh
menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan. (4)
Bukti latar
tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ...
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Latar
merupakan tempat, waktu, dan atau suasana peristiwa cerita terjadi. Untuk
menemukan latar perlu mencermati kata yang meujuknya.
Kata kunci (yang dirujuk): … membuka pintu …(latar tempat)
19. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal : - menentukan konflik yang terdapat pada kutipan
cerpen tersebut
SOAL :
Konflik yang
terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
- Seorang ibu yang berjanji tidak akan meninggalkan anaknya lagi.
- Penyesalan seorang ibu yang telah meninggalkan anaknya.
- Seseorang yang tak tega melihat anak terlantar.
- Gelandangan yang ditemukan tewas di kolong jembatan.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Konflik pada diri seorang ibu yang
berkeinginan merawat kembali anak yang telah ditelantarkan. Konflik dalam
cerita tersebut terjadi pada tokoh ibu dan dirinya tentang keinginannya yang
belum tercapai.
20. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal :
- menentukan amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut
SOAL :
Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah
...
- Kita harus menyesuaikan diri di mana pun berada.
- Pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
- Tidak ada kata terlambat untuk memaafkan.
- Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Kalimat
yang dirujuk menggambarkan Seorang ibu menyesal telah menelantarkan anaknya, tetapi
yang telah terjadi, tak dapat terulang kembali.
21. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan
dua kutipan novel, siswa dapat menentukan karakteristik kedua novel tersebut
SOAL :
Bacalah kedua kutipan novel
berikut dengan saksama!
Kutipan I
Difa
pun mengangguk. Di perjalanan pulang, Difa berpikir, Yanto telah salah menilai
Abah. Abah itu ramah. Selain itu lucu,
perutnya yang buncit berguncang saat ia tertawa.
Kutipan II
Aku paling sebal kalau adikku bertanya-tanya terus.
Padahal aku sedang berkonsentrasi belajar.
“Kevin, jawab dong, kalau adikmu tanya!” seru mamaku.
Selalu itu teriakan mama, jika aku tidak menggubris pertanyaan adikku.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut
adalah ...
|
Kutipan
I
|
Kutipan
II
|
A
|
Tokoh
yang terlihat banyak
|
Tokoh
yang terlihat dua
|
B
|
Sudut
pandang diaan
|
Sudut
pandang akuan
|
C.
|
Latar
tidak jelas
|
Latar
jelas
|
D
|
Amanat
jelas
|
Amanat
tidak jelas
|
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Teks
1: menggunakan kata ganti orang ketiga (ia); teks II: menggunakan kata ganti
orang pertama (aku)
22. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : Disajikan
kutipan novel, siswa dapat
- menentukan
bukti nilai moral novel tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama
kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1) Layang-layang Adi tiba-tiba menukik dari atas
menyambar layang-layang Badu. (2) Akibatnya, ada bagian kertas layang-layang
Badu yang robek. (3) Dan... ketika diadu kembali, layangan Badu pun putus. (4)
Badu memandang layang-layangnya seolah-olah tidak percaya. (5) Perasaan sedih
dan malu menjadi satu. (6) Akhirnya Badu mengakui kekalahannya.
Bukti nilai moral terdapat pada kalimat bernomor ...
A. (3) C. (5)
B. (4) D. (6)
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Berhubungan
dengan afeksi: mengakui kekalahan
23. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
Indikator Soal : -
menentukan salah satu watak totok novel tersebut
SOAL : 23
Watak tokoh Badu pada kutipan novel tersebut adalah ...
A.
pemalu C.
berjiwa besar
B.
sombong D.
angkuh
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Kata
yang dirujuk: mengakui kekurangannya/kekalahannya
24. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan
kutipan naskah drama siswa dapat
- menentukan suaana
yang tergambar pada naskah drama tersebut
SOAL :
Bacalah kutipan drama berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Masut :
Guru, terima kasih atas ilmu yang guru berikan kepadaku. Apalah artinya diriku
andai tidak ada guru.
Guru : Masut, Masut! Kamu harus tahu, meskipun kita mempunyai ilmu hanya sedikit, namun tetap harus diberikan kepada orang lain.
(Istri Masut masuk ke ruangan membawa teh hangat).
Istri Masut : Lebih baik kalau ngobrolnya, sambil minum teh hangat (menyodorkan cangkir)
Guru : Bisa saja istri kamu, Ut.
Suasana yang
tergambar pada drama tersebut adalah ...
A.
santai C. tegang
B.
haru D. seram
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Kata yang dirujuk: sambil minum teh hangat (dialog istri Masut);
Bisa saja … (guru)
25. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal : -
menentukan latar drama tersebut
SOAL :
Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....
A. rumah guru C. ruang kerja
B. rumah Masut D. ruang kelas
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Kata
yang dirujuk: istri Masud masuk ke ruangan membawa the hangat
26. Kemampuan yang Diuji : Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan catatan buku harian sesuai
dengan ilustrasi tersebut
SOAL :
Setelah satu semester menunggu, Sabtu, 20 Desember 2008
tepatnya pukul 08.30, rapor dibagikan oleh wali kelas. Andi Gunawan,
peringkat pertama di kelas IX-9. Pengumuman itu mewujudkan impian Andi selama
ini. Andi bersyukur kepada Tuhan.
Berdasarkan
ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah
...
A.
Sabtu,
20 Desember 2008. Andi diumumkan sebagai
peringkat pertama di kelas. Akhirnya, impian Andi terwujud. Terima kasih Tuhan,
Engkau telah mengabulkan doanya.
B.
Sabtu,
20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Wali kelas mengumumkan bahwa Andi
mendapat prestasi yang membanggakan di kelas IX-9. Andi peringkat pertama di
kelas.
C.
Sabtu, 20 Desember
2008. Saat pembagian rapor di kelas
IX-9. Saya bangga karena Andi mendapat peringkat pertama. Hal itu, sangat membanggakan bagi Andi.
D. Sabtu, 20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Namaku
diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Wow ... akhirnya, impianku
terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doaku.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Sesuai data dalam ilustrasi, terutama data pada dua kalimat
terakhir. Kata ekspresif: wow
27. Kemampuan yang Diuji : Menulis
isi pesan singkat
sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan isi pesan singkat yang sesuai
ilsutrasi tersebut
SOAL :
Kepala Sekolah meminta kepala tata usaha membuat undangan
rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru. Undangan itu ditujukan kepada
staf dan guru.
Isi
pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Buat laporan rapat pembentukan panitia penerimaan
siswa baru untuk staf dan guru.
B.
Segera
buat undangan rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru, untuk staf dan
guru.
C.
Buat
daftar hadir rapat pembentukan panitia penerimaan siswa baru untuk staf
dan guru.
D.
Rapat
pembentukan panitia siswa baru untuk staf dan guru segera dilaksanakan.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Sesuai
data dalam ilustrasi yaitu membuat undang rapat; menggunakan kalimat singkat dan jelas
28. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi berupa data hasil kegiatan, siswa dapat menentukan laporan yang tepat
berdasarkan data tersebut
SOAL :
Hasil Lomba
Kebersihan Kelas
SMP
Harapan Tahun 2009
Juara
|
Kelas
|
Nilai
|
I
|
VII
A
|
389
|
II
|
IX
C
|
386
|
III
|
VIII
B
|
368
|
Laporan
yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
- Hasil lomba kebersihan kelas, SMP Harapan tahun 2009 adalah sebagai berikut. Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan nilainya adalah 389, 386, dan 368.
- Secara berturut-turut hasil kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 yaitu Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 386, 389, dan 368.
- Selama lomba kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Kelas VII A mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VIII B juara ketiga. Urutan nilainya adalah 386, 368, dan 389.
- Hasil lomba kebersihan kelas SMP Harapan tahun 2009 adalah sebagai berikut. Kelas VIII B mendapat juara pertama, kelas IX C juara kedua, dan kelas VII A juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 389, 386, dan 368.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Laporan
disusun secara kronologis dan sesuai data dalam
ilustrasi yaitu VIIA=389; IX C=386; VIIIB=368
29. Kemampuan yang Diuji : Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal : Disajikan
kalimat laporan yang belum runtut, siswa dapat menentukan susunan kalimat
laporan yang tepat
SOAL :
(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah
lebat.
(2)
Sungguh, pengalaman
yang tak terlupakan.
(3)
Kesempatan yang
baik itu, kami abadikan.
(4)
Pendakian itu kami
lakukan, saat liburan kenaikan kelas.
(5)
Maklum baru pertama
kali, di sana kami melihat hujan salju.
(6)
Perjalanan mendaki
gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.
Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah
...
A.
(6),
(4), (2), (1), (3), (5)
B.
(4),
(3), (2), (5), (2), (1)
C.
(6),
(5), (4), (3), (1), (2)
D.
(4),
(3), (2), (6), (5), (1)
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Adanya keterikatan antarunsur dl struktur sintaksis
atau struktur wacana yg ditandai antara lain konjungsi, pengulangan, kata
ganti/kata pengganti.
Perjalanan mendaki gunung …(kalimat 6);
di sana … (kalimat 5); pendakian itu (kalimat 4); kesempatan yang baik itu …
(kalimat 3); hujan salju … lebat (kalimat 1); sungguh …. tak terlupakan
(kalimat 2)
30. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator Soal : Disajikan
surat pribadi yang bagian pembukanya dirumpangkan, siswa dapat menentukan
kaliamt yang tepat untuk melenngkapinya
SOAL :
Jakarta, 14
Februari 2009
Untuk sahabatku Anggi,
Jalan Merdeka 12,
Tarutung Medan
Salam
kangen,
[…]
Semoga
kamu sekeluarga sehat-sehat seperti halnya aku dan keluargaku.
Tidak
terasa sudah setengah tahun kita berpisah, aku benar-benar kehilangan sahabat
baik, sejak kepindahanmu.
Sahabatmu,
Inaara
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pribadi
tersebut adalah ...
- Senang dapat bersilaturahmi denganmu via surat.
- Kuharap kamu selalu dalam keadaan bahagia.
- Hai, Anggi, bagaimana kabarmu sekarang?
- Hai Inaara keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Terdapat
kata/kalimat yang dirujuk dengan kata sesudahnya yaitu bagaimana kabarmu dirujuk dengan semoga kamu dan keluarga …
31. Kemampuan yang
Diuji : Melengkapi tanggal surat
Indikator Soal : Disajikan
kutipan surat resmi yang beberapa bagian dirumpangkan, siswa dapat
-
melengkapinya
dengan tanggal surat yang tepat
SOAL :
Bacalah kutipan surat berikut dengan saksama kemudian
kerjakan soal nomor 31 dan 32!
|
Tanggal surat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang (1)
pada surat tersebut adalah....
A.
10
Pebruari 2009
B.
Jakarta,
10 Februari 2009
C.
10
Februari 2009
D.
Jakarta,
10 Pebruari 2009
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Penulisan
tanggal pada surat resmi tidak perlu menyertakan nama kota karena pada surat
resmi terdapat kop surat. Pada kop surat sudah tertera nama kota (keterangan
tempat). Penulisan nama bulan yang sesuai dengan kaidah EYD adalah Februari.
Kata kunci : Penulisan Pebruari tidak cermat (jawaban A). Jawaban B,
penulisan bulan cermat, tetapi ada keterangan tempat. Jawaban C, penulisan
cermat dan tanpa keterangan tempat. Jawaban D, penulisan Pebruari tidak cermat
dan ada keterangan tempat.
32. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi
surat resmi
Indikator Soal : Disajikan
kutipan surat resmi yang beberapa bagian
dirumpangkan,
siswa dapat
- melengkapi
bagian isi surat yang tepat
SOAL :
Isi
surat yang tepat untuk mengisi nomor (2)
pada surat tersebut adalah ...
A.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu, 14 Februari 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang M. Husni Tamrin
acara
:
Sosialisasi UN TP 2008/2009
B.
Sehubungan dengan pelaksanaan Sertifikasi
Guru Tahun 2009, kami mengharap
kehadiran Bapak /Ibu pada
hari,tanggal :
Sabtu , 14 Februari 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang M. Husni Tamrin
acara : Sosialisasi Sertifikasi Guru
C.
Sehubungan dengan
pelaksanaan Ujian Nasional 2009, kami
mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari,tanggal :
Sabtu , 10 Februari 2009
waktu :
Pukul 20.00
tempat : Lapangan SMP Tunas
acara : Sertifikasi Guru 2009
D.
Sehubungan
dengan pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari,tanggal : Sabtu, 10 Februari 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang M. Husni Tamrin
acara : Sosialisasi Guru
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Isi surat
harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan
tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati
perihal surat, maksud isi surat, penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : perihal surat; undangan, maksud isi surat; mengharap kehadiran,
waktu; Sabtu, 14 Februari 2009, dst.
33.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/menentukan
isi surat
Indikator Soal :Disajikan
ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi surat berdasarkan
ilustrasi kegiatan tersebut
SOAL :
OSIS SMP Sekar akan mengadakan Lomba Kebersihan. Ketua
OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut
akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5
Februari 2009, pukul 14.00 di Ruang OSIS.
Isi
surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
- Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal :
Sabtu, Februari 2009
waktu : Pukul 13.00
tempat :
Ruang OSIS
acara :
Persiapan Lomba
- Teman-teman pengurus OSIS SMP Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 April 2008
waktu :
Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
acara : Pembentukan Ketua
- Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 Februari 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat :
Ruang OSIS
acara :
Pembentukan Panitia
- Para pengurus OSIS Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 10 Februari 2009
waktu :
Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
acara : Persiapan Bakti Sosial
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN : Isi surat harus sesuai dengan ilustrasi. Cermati tanggal dikirim surat dengan tanggal kegiatan dilaksanakan. Cermati maksud isi surat,
penulisan waktu, tempat, dan acara.
Kata kunci : Maksud surat; mengundang, mengharap kehadiran, waktu; Sabtu, 10
Februari 2009, tempat; Ruang OSIS.
34. Kemampuan yang Diuji :
Menulis
slogan sesuai ilustrasi
Indikator Soal :
Disajikan ilustrasi
kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan yang sesuai ilustrasi tersebut.
SOAL :
Untuk meningkatkan disiplin menjaga kebersihan
lingkungan, OSIS SMP Idola mengadakan lomba kebersihan kelas.
Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut
adalah...
A. Jika semuanya bersih, hati ini bersih.
B.
Lingkungan bersih, nyaman di hati
C. Ikuti lomba kesehatan sekolah kita.
D.
Hijau lingkunganku, hijau sekolahku.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan
berima. Slogan harus sesuai dengan ilustrasi.
Kata kunci : Menjaga kebersihan lingkungan; lingkungan bersih, nyaman di
hati.
35. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan
rangkuman
Indikator Soal :
Disajikan sebuah bacaan
yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman
bacaan tersebut
SOAL :
Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai
dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat
melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat
kulit wajah lebih berseri.
Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan
dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.
Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.
Rangkuman bacaan tersebut adalah...
A.
Masker membuat kulit wajah berseri.
B.
Fungsi masker dan penggunaannya.
C.
Gunakan masker sesuai dengan kulit.
D.
Masker lumpur mengurangi lemak.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah
paragraf/wacana, tetapi tetap memuat informasi penting dari paragraf tersebut.
Dengan merangkaikan makna kalimat-kalimat dalam paragraf, kemudian disusun
dalam sebuah kalimat sederhana jadilah sebuah rangkuman. Urutan rangkuman
bacaan mengikuti pola aslinya. Untuk membuat rangkuman, dapat kita lakukan
dengan menarik gagasan-gagasan pokok dari setiap paragraf.
Kata kunci : masker memiliki banyak fungsi (paragraf pertama)…menggunakan
masker wajah (paragraf kedua)…
36. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal :
Disajikan petunjuk
melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL :
Petunjuk
Mengkritik Suatu Karya
(1) Miliki
pengetahuan yang cukup tentang hal yang akan dikritik.
(2) […]
(3) Buat
catatan objektif tentang kelebihan dan kekurangan.
(4) […]
(5) Sampaikan
kritik dengan bahasa yang santun.
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat
dilengkapi dengan kalimat ...
A.
(2)
Mengkritik berarti memberikan penilaian yang objektif.
(4) Bila mendapat kritikan
terima dengan hati yang lapang.
B.
(2) Pelajari dengan
cermat karya yang akan dikritik.
(4)
Pikirkan kembali
sebelum kritik disampaikan.
C.
(2) Berikan bantahan jika kritikan tidak sesuai
dengan fakta.
(4)
Pikirkan kembali
sebelum kritik disampaikan.
D.
(2)
Mengkritik berarti menilai dengan objektif dan masuk akal.
(4)
Kekurangan
yang tidak objektif, dapat kita bantah.
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau
bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Melengkapi
petunjuk dilakukan dengan cara mencermati konjungsi. Selain itu mencermati kalimat
petunjuk sebelum dan sesudah kalimat petunjuk yang dirumpangkan.
Kata kunci : miliki
pengetahuan …(pelajari); (pikirkan kembali)…sampaikan kritik
37. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan
susunan kalimat petunjuk
Indikator
Soal :
Disajikan
beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa
dapat menentukan susunan yang tepat
SOAL :
Perhatikan
pernyataan berikut!
(1)
Ulangi beberapa
kali sehingga mata kelihatan segar dan tidak bengkak.
(2)
Jika
kapas itu kering, basahilah kembali.
(3)
Setelah itu
basahilah dengan air es.
(4)
Ambil kapas
secukupnya kemudian bagilah menjadi dua bagian.
(5)
Lalu
diamkanlah beberapa menit.
(6)
Letakkanlah
kedua kapas lembap tersebut pada kedua belah mata.
Petunjuk
menghilangkan bengkak mata yang tepat adalah ....
A.
(4),
(6), (2), (3), (5), (1)
B.
(4),
(6), (1), (3), (2), (5)
C.
(4),
(3), (5), (6), (1), (2)
D.
(4),
(3), (6), (5), (2), (1)
KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan
tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Menyusun petunjuk
berarti memaparkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara benar.
Cermati kata-kata konjungsi pada setiap peryataan petunjuk. Jika petunjuk
tentang makanan atau minuman, cermati kata siap dinikmati, disajikan,
dihidangkan.. letaknya di akhir petunjuk tersebut.
Kata kunci : letakkan …(setelah itu…); (lalu)…(jika)...
38.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/menentukan isi teks pidato berdasarkan ilustrasi
Indikator Soal :
Disajikan sebuah ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang
tepat
SOAL :
Dalam
acara penglepasan siswa SMP Cempaka, Ahmad memberikan pidato sambutan mewakili
siswa Kelas VII dan VIII.
Bagian
isi pidato Ahmad yang tepat adalah ...
A.
Pertahankan
prestasi kalian, agar orang tua kalian semakin bangga. Harapan saya,
kalian lebih sukses pada masa mendatang.
B. Pada kesempatan yang
baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
C. Berjuanglah terus
sampai titik darah penghabisan. Seperti kata bijak,
di mana ada kemauan, pasti ada jalan
kesuksesan.
D. Kami mengucapkan
selamat dan sukses untuk Kakak. Semoga
di jenjang yang lebih tinggi, Kakak lebih sukses.
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau
penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato
(inti yang disampaikan);
penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
39.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/melengkapi
teks pidato
Indikator Soal :Disajikan
teks pidato yang dirumpangkan bagian penutupnya, siswa dapat melengkapinya
dengan tepat
SOAL :
Terus terang, pagi ini kami sangat senang dan bahagia. Berhasil
menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya adalah cita-cita kami.
Dalam kesempatan ini kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada
ibu dan bapak guru yang telah membimbing kami. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa
membalas jasa ibu dan bapak guru.
Kami sadar bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering berbuat
kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf. Demikian pula untuk adik-adik
kelas VII dan VIII, kami minta maaf atas semua kesalahan kami selama bergaul
dan bermain bersama.
[…]
|
Bagian
penutup untuk teks pidato tersebut adalah...
A. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada
kekurangan. Atas perhatian ibu dan bapak guru serta adik-adik, kami ucapkan
terima kasih.
B. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada
kekurangan. Semoga kalian dapat melanjutkan ke sekolah pilihanmu. Atas
perhatian semuanya, terima kasih.
C. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada
kekurangan. Atas perhatian kalian semua, bapak guru ucapkan terima kasih.
D. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada
kekurangan. Atas perhatian dan partisipasi dan sumbangan semuanya, kami ucapkan
terima kasih.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau
penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka
pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang
disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
40. Kemampuan yang Diuji :
Menentukan
rumusan masalah karya ilmiah
Indikator Soal :
Disajikan tema
karya ilmiah, siswa dapat menentukan
rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
SOAL :
Tema:
Meningkatkan prestasi belajar
Rumusan
masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
- Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?
- Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?
- Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?*
- Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi?
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah
cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam ilmiah merupakan
rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh
keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.
Kata kunci : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan
penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa,
apakah…dll)
41. Kemampuan
yang Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya
ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan
identifikasi masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar
belakang berdasarkan identifikasi masalah karya ilmiah tersebut
SOAL :
Identifikasi
masalah:
1.
Apakah
sampah dapat dimanfaatkan?
2.
Bagaimana
pengelolaan sampah agar bermanfaat?
Latar
belakang karya ilmiah yang sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah …
A.
Sampah
selama ini dianggap sesuatu yang menjijikkan. Jika dikelola dengan baik, sampah
akan bermanfaat bagi manusia. Bagaimana
mengelola sampah agar bermanfaat? Hal itu yang akan diteliti dalam karya ilmiah
ini.
B.
Sampah yang dikelola dengan baik menjadi salah satu
alternatif pengganti minyak bumi yang kian menipis. Mari kita manfaatkan sampah
di sekeliling kita sebaik-baiknya. Karena sampah jika dikelola dengan baik akan
memberi keuntungan.
C.
Sampah
dibedakan menjadi dua. Sampah basah dan sampah kering. Sampah basah adalah
sampah yang berasal dari limbah rumah
tangga. Sedangkan contoh sampah kering adalah sampah yang berupa plastik,
kertas, dan bekas kemasan.
D. Berdasarkan
hasil penelitian, sampah yang selama ini dianggap menjijikkan ternyata dapat
dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti minyak tanah. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan dan kelola sampah secara maksimal dan
profesional.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Latar
belakang adalah jawaban pertanyaan “apa yang melatarbelakangi” sehingga masalah
tersebut dijadikan topik penelitian atau pembahasan. Pada latar belakang
dicantumkan pula alasan yang mendukung topik atau data yang ingin dijadikan
karya ilmiah.
Kata kunci : apa yang
melatarbelakangi… masalah karya ilmiah tersebut
42. Kemampuan yang Diuji :
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal :
Disajikan
kalimat tidak efektif dalam paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan yang
tepat
SOAL :
(1) Para hadirin
semua yang sangat terhormat kami ucapkan terima kasih atas partisipasi yang
telah diberikan. (2) Semoga amal budi para ibu/bapak mendapat imbalan dari
Tuhan.
Agar kalimat (1) menjadi kalimat efektif, kata yang harus
dihilangkan adalah....
A.
hadirin,
sangat, dan yang
B.
para,
semua, dan sangat
C.
hadirin,
yang, dan sangat
D.
para,
sangat, dan terhormat
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Menyunting
adalah menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi
sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur
kalimat). Dalam menyunting terkandung memperbaiki, melengkapi, menambah, dan
menghilangkan/menghapus. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat
mengungkapkan gagasan penutur/penulisan secara tepat sehingga pembaca dapat memahami pikiran
tersebut dengan mudah, jelas, dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh
penulis. Kalimat dikatakan efektif bila (1) menyatakan gagasan yang logis, (2)
bermakna tunggal, (3) menggunakan kata yang konseptual, lugas, dan baku, (4)
gramatikal, (5) dinyatakan dalam bentuk kata yang benar, (6) tidak menggunakan
kata-kata yang mubazir, (7) ditulis dengan kaidah tata tulis yang benar.
Kata kunci : ada kata yang mubazir…(para…, semua…, sangat)
43. Kemampuan yang Diuji :
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal :
Disajikan
beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam paragraf, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat
SOAL :
Pertandingan
persija dan persib berakhir Seri. Hal itu membuat para pendukungnya Kecewa.
Para pendukung menginginkan idolanya menjadi pemenang Dalam pertandingan
tersebut.
Perbaikan
penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah....
A
|
B
|
C
|
D
|
Persija
|
Persija
|
Persib
|
Persija
|
Persib
|
Seri
|
Seri
|
Persib
|
Hal
|
Kecewa
|
kecewa
|
Seri
|
Kecewa
|
Para
|
Hal
|
Kecewa
|
Dalam
|
Dalam
|
Dalam
|
Dalam
|
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Penggunaan
huruf kapital yang cermat harus sesuai dengan kaidah tata tulis.
Kata kunci :
nama diri; (Persija, Persib), huruf kapital digunakan hanya di awal kalimat
tidak di tengah kalimat (kecuali sesuai syarat tertentu); (seri, kecewa, dalam)
44. Kemampuan yang Diuji :
Menyunting
pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
paragraf yang menggunakan beberapa pilihan kata salah, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat
SOAL :
Penduduk
desa Makmur mulai berkarya (1) di sawah. Mereka akan menumbuhkan
(2) padi. Karena musim penghujan sudah hadir (3). Mereka berharap panen
tahun ini lebih baik.
Perbaikan pilihan kata pada paragraf tersebut adalah ....
A.
membajak,
menanamkan, ada
B.
membajak,
bertanam, ada
C.
membajak,
ditanam, datang
D.
membajak,
menanam, datang
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah EYD.
Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk kata
yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam konteks
yang berbeda.
Kata kunci : bekerja di sawah
(membajak), menumbuhkan… (menanam).. hadir (datang)
45. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan
pantun
Indikator
Soal :
Disajikan
ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan pantun yang sesuai ilustrasi
tersebut
SOAL :
Faras
sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda
itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat
peringkat di kelas.
Pantun
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A.
Kota
Jambi kota beradat
Tempat tinggal
sanak saudara
Mari kita
belajar giat
Supaya kelak
tidak sengsara
B.
Raja buah si raja
pisang
Sedap disantap
di kala senja
Riang hati bukan
kepalang
Sepeda impian di
depan mata
C.
Buah
duku buah durian
Dibeli ibu di
pasar kenari
Senang hati
dapat undian
Seperti
mimpi siang hari
D.
Ke
Selat beli ikan selar
Beli juga
tempoyak durian
Jika kita rajin
belajar
Prestasi tinggi
mudah diraih
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Menulis pantun harus
mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi.
Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan
ilustrasi.
Kata kunci : sepeda impian menjadi kenyataan… (sepeda impian di depan mata)
46. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi
pantun
Indikator Soal : Disajikan pantun yang larik isinya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapi isi pantun tersebut
SOAL :
Perhatikan pantun berikut!
Buah
cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.
(1) Jangan ragu berbuat baik
(2)
Senyum
saja sudah ibadah
B.
(1) Pikir dulu sebelum bertindak
(2)
Menyesal
kemudian tiada guna
C.
(1) Supaya tidak sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
D.
(1) Mari kita jalin silaturahmi
(2)
Untuk menambah sanak saudara
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Menulis pantun harus
mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi.
Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan
ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang,
cermati rima pantun.
Kata kunci : durian (kemudian); sepeda (waspada)
47. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal :
Disajikan puisi
yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi dengan larik bermajas
SOAL :
Denting jam tengah malam
[…]
Tuk bersujud
Kuagungkan Asma-Mu
Mohon ampunan-Mu
Larik
bermajas untuk melengkapi puisi tersebut
adalah ....
A.
Bangunkan
diriku
B.
Terdengar
nyaring
C.
Kusebut
nama-Mu
D. Tepat pukul tiga
KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Melengkapi puisi dengan larik bermajas, cari larik yang
mengandung makna konotasi.
Kata kunci : denting jam tengah malam…(bangunkan diriku)
48.
Kemampuan yang
Diuji : Menulis/melengkapi puisi
Indikator
Soal :
Disajikan puisi
yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan
pilihan kata yang tepat
SOAL :
Mentari
mulai terbit
Ucapkan
salam selamat pagi
Senandung
burung
Bernyanyi
riang
Terbang
[…]
Pilihan
kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah....
A. di rumput hijau C.
jalan setapak
B. pinggir sawah D.
di angkasa raya
KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN : Melengkapi
puisi dengan pilihan kata, cari kata yang memiliki hubungan makna dengan
larik-larik sebelumnya.
Kata kunci : terbang…(di angkasa raya)
49. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan
ilustrasi gambar pemandangan alam, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai
ilustrasi tersebut
SOAL :
Perhatikan gambar berikut!
![]() |
Puisi
yang tepat sesuai dengan gambar tersebut adalah .…
A.
Kagumku
kepada-Mu
Engkau
ciptakan beragam
Kehidupan
dalam laut
Makin
kubersyukur pada-Mu
B.
Rangkaian
kehidupan
Di
darat dan udara
Semua
ciptaan-Mu
Syukurku
atas nikmat-Mu
C.
Engkau
sangat mulia
Bak lampu penerang
Dalam kegelapan
Bagi kehidupan
D.
Indahnya
kehidupan
Berikan
warna
Meski
kutahu
Semua
adalah ciptaan-Mu
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Menulis puisi
berdasarkan ilustrasi, cermati ilustrasi tersebut. Sesuaikan larik puisi cari
dengan ilustrasi.
Kata kunci : pemandangan dalam laut…kehidupan dalam laut
50. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/melengkapi
drama
Indikator Soal :
Disajikan kutipan
drama yang dialognya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
SOAL :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Rina : Apa-apaan
sih? Kok posterku disobek?
(menahan marah)
Aji : […]
Rina :
Maaf..maaf enak saja!
Aji : (dengan
amat menyesal)
Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?
Rina : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.
Aji :
(dengan tersenyum)
Oke,
Bos!
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
kutipan drama tersebut adalah...
A.
Maafin
aku Rina. Aku tidak sengaja.
B.
Maafin
aku Aji. Aku tidak sengaja.
C. Begitu saja kok kamu marah, Rin.
D. Baiklah aku akan beli yang baru.
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Dialog drama yang rumpang, lengkapi dialog isinya
sesuaikan dengan ilustrasi. Cermati
hubungan makna yang logis kalimat sebelum dan sesudah dialog yang
dirumpangkan. Cermati tokoh / pelaku dalam drama untuk melengkapi dialog
rumpang tersebut.
Kata kunci : tokoh yang bicara Aji (Maafin aku Rina); …maaf-maaf enak saja!
51.
Kemampuan yang
Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal : Disajikan sebuah
kutipan berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat pada
kutipan berita tersebut
SOAL :
Ruma Maida
karya sutradara Teddy Soeriatmaja berhasil mendominasi nominasi dari
kategori-kategori terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2009. Dari 13 kategori,
film yang dibintangi Atiqah Hasiholan itu berhasil masuk 11 nominasi. Ketua
Dewan Juri FFI, Niniek L.Kariem, pun menjanjikan bahwa pemenang FFI 2009 akan
diikutsertakan dalam ajang Academy Awards atau dikenal Piala Oscar. Perhelatan
FFI 2009 sendiri juga akan dibuat seperti pengumuman pemenang Piala Oscar.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat
dalam paragraf tersebut adalah...
A.
Mengapa
film Ruma Maida berhasil masuk 11
nominasi?
B.
Siapa
yang menyelenggarakan Festival Film Indonesia 2009?
C.
Kapan
Festival Film Indonesia 2009 dilaksanakan?
D.
Bagaimana
pelaksanaan Festival Film Indonesia 2009?
KUNCI JAWABAN :
D
PEMBAHASAN :
Menjawab
pertanyaan yang jawabannya terdapat pada kutipan berita, cermati kata tanya dan
cari jawaban pada kutipan berita. Kata tanya yang digunakan lima W + 1 H.
Kata kunci :
bagaimana… (cara)
52.
Kemampuan
yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk.
Indikator Soal : Disajikan
sebuah kutipan berita, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
kutipan berita tersebut
SOAL :
Pemakaian earphone
kini cukup meluas di kalangan masyarakat kita, utamanya kaum remaja untuk
mendengarkan musik dari MP3, MP4 atau iPod. Alat ini ukurannya kecil, mudah
dibawa ke mana-mana dan dapat digunakan mendengarkan suara secara bebas tanpa
terganggu oleh orang lain. Keunggulan itulah yang membuatnya digemari banyak
orang. Namun harap tahu, penggunaan yang berlebihan dan dalam waktu lama bisa
mengakibatkan ketulian.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
tersebut adalah ...
A.
Earphone merupakan alat bantu dengar bagi orang yang mengalami
gangguan pendengaran.
B.
Kaum
remaja dapat mendengarkan musik dengan menggunakan berbagai alat secara bebas.
C.
Earphone dapat menimbulkan gangguan pendengaran penggunanya bila
digunakan terlalu lama.
D.
Meskipun
berukuran kecil, Earphone mampu
menimbulkan suara yang sangat keras.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Pernyataan
yang sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat terakhir … (penggunaan yang berlebihan dan dalam waktu
lama bisa mengakibatkan ketulian)
53.
Kemampuan yang
Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator Soal :
Disajikan kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut
SOAL :
(1) Boleh jadi, itu sikap
angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia
tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi
tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar
memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai
macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu,
Mulan Jamila).
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN : Watak
adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan
dengan sifat duniawi. Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang
mengacu pada karakteristik tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
Kata kunci : (1) boleh jadi…(sikap angkuhnya)… (2) Sebagai pimpinan…( dia tak
rela hati anak gadisnya kupacari)
54.
Kemampuan yang
Diuji : Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator
Soal :
Disajikan kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
SOAL :
Kuingin kau berbohong padaku. Seperti
yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup
berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi
bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.…
A. Mentari meredup
B. Mentari di sebelah barat
C. Ketika kerumunan tidak bersama
D. Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu
KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Latar
selalu berhubungan dengan tempat dan waktu. Temukan kata kunci yang merujuk
pada waktu menjadi bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada
kutipan tersebut adalah mentari di sebelah barat.
Kata kunci : mentari
meredup…( di sebelah barat)…
55. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan paragraf laporan
Indikator Soal :
Disajikan
paragraf laporan, siswa dapat menentukan judul laporan yang tepat
SOAL :
Perhatikan paragraf
berikut!
Pada
tahun 1960, pemerintah menentukan penggunaan tanah seluas 552 hektar sebagai
tempat rekreasi. Daerah rekreasi di bagian tengah seluas 137 hektar inilah
kemudian terkenal sebagai Taman Impian Jaya Ancol. Untuk melaksanakan
pembangunan daerah Ancol, pemerintah membentuk sebuah panitia dan sekaligus
menunjuk Gubenur DKI Jakarta sebagai penanggung jawab. Pembangunan dimulai
bulan Oktober 1962 oleh Citra
Engineering, sebuah perusahaan kontraktor Perancis, dan selesai pada
bulan Februari 1966.
|
Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah ….
A. Taman Impian Jaya Ancol
B. Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol
C. Sejarah Berdirinya Taman Impian Jaya Ancol
D. Silsilah Terbentuknya Taman Impian Jaya Ancol
KUNCI JAWABAN :
B
PEMBAHASAN :
Judul
laporan harus mencerminkan isi laporan sesuai data
Kata kunci : laporan berisi pembangunan…(melaksanakan pembangunan)..
56.
Kemampuan
yang Diuji : Menulis/menentukan slogan
Indikator Soal : Disajikan
slogan yang penggunaan pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
SOAL :
Perhatikan slogan
berikut!
Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Itulah perbuatan yang dilakukan daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang
Perbaikan slogan tersebut yang tepat adalah ….
A. Seribu Pohon ditanam untuk kehidupan
lebih baik
dari
Satu Pohon ditebang untuk tambang
B. Satu Pohon ditebang untuk tambang
lebih baik
Satu Pohon ditanam untuk
kehidupan
C. Satu Pohon ditanam untuk Kehidupan
lebih baik daripada
Seribu Pohon ditebang untuk tambang
D. Satu Pohon ditanam untuk kehidupan
Sedangkan
Satu Pohon ditebang untuk tambang
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Slogan
adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah
diingat untuk memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima. Slogan harus
sesuai dengan ilustrasi. Kelompok
kata “Itulah
perbuatan yang kami lakukan” diganti dengan kata “lebih baik daripada”
57. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menentukan
isi teks pidato
Indikator Soal :
Disajikan sebuah ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang
tepat
SOAL :
SMP Pembina melaksanakan program OSIS penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba
dengan mendatangkan narasumber kondang. Sebagai ketua OSIS, Rehan menyampaikan
tujuan kegiatantersebut.
Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, narasumber, Bapak
dan Ibu guru, dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini.
B. Bapak ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke
hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga bisa
melaksanakan program ini.
C. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan
maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia
narkoba.
D. Teman-teman, sesuai dengan program yang telah disepakati mari
ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau
penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka
pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang
disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)
58.
Kemampuan
yang Diuji : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan
kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
SOAL :
Semua siswa wajib merasakan
upacara setiap hari Senin.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang
tepat adalah ….
A.
mengikuti
B.
mendalami
C.
menjalani
D.
menyatakan
KUNCI JAWABAN :
A
PEMBAHASAN :
Pilihan kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah EYD.
Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk kata
yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam konteks
yang berbeda.
Kata kunci :
upacara “tidak dirasakan” tetapi “diikuti”
59. Kemampuan yang
Diuji : Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator Soal : Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran berdasarkan simpulan karya
ilmiah
SOAL :
Simpulan
karya ilmiah
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan
kecakapan hidup (life skill) siswa memerlukan fasilitas penunjang yang variatif dan kepedulian seluruh
pihak pada sekolah.
Saran
yang tepat sesuai simpulan tersebut
adalah ...
A.
Pimpinan
sekolah terus aktif membangun kerja sama dengan swasta dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran.
B.
Peningkatan kecakapan hidup juga tidak melulu pada aspek akademis
semata
C.
Perlu
diadakan fasilitas penunjang yang variatif dalam mengelola sekolah agar
program life skill tercapai
D.
Dalam
merumuskan pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah lebih
berorientasi pada upaya peningkatan pelayanan professional kependidikan.
KUNCI JAWABAN :
C
PEMBAHASAN :
Saran dalam karya tulis adalah saran, anjuran yang disampaikan untuk
memberikan solusi terhadap hasil
penelitian.
Kata kunci : … memerlukan
fasilitas penunjang (perlu diadakan fasilitas penunjang) …
60. Kemampuan yang Diuji :
Menulis/menyunting
penulisan teks drama
Indikator Soal :
Disajikan
kutipan drama yang penulisannya salah, siswa dapat menentukan perbaikan yang
tepat
SOAL :
(Sesudah 10 menit mereka mengobrol melalui
hape, Rini sadar, tagihan hape Ayah akan membengkak di akhir bulan. Lalu mereka
berjanji akan bertemu}
(1) Ayah :
Apa kata sahabatmu?
(2) Rini :
Kami akan bertemu nanti sore di
pantai Kuta, seberang
hotel Hard Rock. Ayah
tahu tempatnya?
(3) Ayah :Tahu
dong, kita bisa
melihat sunset di sana!
(4) Ibu :
Ayah mulai genit ya? (ibu menangis tersedu-sedu di dalam kamar .)
(5) Ayah :
Hmm... sepertinya begitu. Kita lihat saja nanti!
Perbaikan
kesalahan petunjuk laku nomor (4) pada naskah drama tersebut adalah ....
A.
O ...
begitu ya sekarang! Pantas sikap ayah berbeda sekarang!
B.
Wah...
wah...wah...! Sudah zaman Edan sekarang. Tua-tua juga gak tahu diri!
C.
(sambil memandang curiga ke arah ayah dengan wajah
cemburu)
D.
(Papa
jangan gegabah membawa Airin ke sana)
KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku, harus mencermati
dialog sebelum dan sesudahnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar